Assalamualaikum!
Berikut kami tampilkan bagaimana contoh instrumen penilaian kinerja guru dari Linbergh School. semoga bermanfaat.
A. Merencanakan dan
mengorganisasikan dengan hati-hati
Pembelajaran terencana
a.
Rencana
tertulis tersedia dan diikuti oleh guru kelas
b.
RPP
tersedia gambaran, tujuan, dan ulasan
c.
RPP
tersedia alokasi waktu yang sesuai
d.
Urutan
pembelajaran dalam RPP logis
e.
RPP
memenuhi pembelajaran berkelompok
f.
Tujuan
jangka pendek dan panjang didefinisikan
g.
RPP
menunjukkan guru telah menggunakan konsep diagnosis untuk mendeteksi siswa
h.
RPP
fleksibel dan bisa diterapkan secara spontan dalam mengajar
i.
Tersedia
rencana dan prosedur
j.
Materi
dan bahan telah ada dan siap digunakan
Menyusun tujuan pembelajaran
dengan melibatkan partisipasi siswa
a. Tujuan
jangka pendek dan panjang didefinisikan
b. Siswa
dilibatkan dalam tujuan pembelajaran
Pembuatan tugas spesifik
a. Tugas
masuk akal dan diberikan petunjuk tertulis
b. Diberikan
waktu memadai untuk klarifikasi dan diskusi tugas
Sudah terbiasa dengan
panduan yang tepat dan menyesuaikan dengan rekomendasi dalamnya
a. RPP
mencerminkan pengetahuan menyeluruh dari petunjuk kurikulum
b. Rencana
jangka panjang untuk memenuhi tujuan kurikulum tersedia
Menyediakan instruksi
pembelajaran pada individu maupun kelompok
a. RPP
tersedia pembelajaran individu
b. RPP
tersedia pembelajaran berkelompok
c. Jenis
pembelajaran sesuai dengan materi
B. Terampil dalam bertanya
dan menjelaskan
1. Mengajukan pertanyaan
yang menyebabkan siswa berpikir
a. Memberikan
pertanyaan yang memberikan jawaban lebih dari satu kata
b. Pertanyaan
mendorong pemikiran kritis dan luas
c. Pertanyaan
merangsang siswa untuk berpikir
d. Pertanyaan
mendorong respons dari siswa
2. Memberikan penjelasan
secara jelas pada pokok bahasan
a. Memperoleh
respons yang menunjukkan pemahaman siswa sebelum menjelaskan lebih lanjut
b. Menyampaikan
ide dengan logis
c. Menggunakan
tata bahasa dan kosakata yang sesuai pada siswa
d. Menyajikan
informasi yang lengkap dan akurat
3. Menghadapkan siswa pada
berbagai sudut pandang
a. Menetapkan
latar belakang informasi umum tentang topik sebelum menyajikan berbagai sudut
pandang
b. Menyajikan
sudut pandang yang bervariasi konsisten dengan kurikulum
c. Mengembangkan
sudut pandang siswa
4. Menghargai ide siswa
secara verbal maupun non verbal
a. Tidak
menolak ide siswa melalui ekspresi verbal atau fisik
b. Tidak
membiarkan penolakan
c. Sebelumnya
memproses pertanyaan dan jawaban siswa, guru memuji, memunculkan, dan
menanggapinya
C. Memberikan dorongan
belajar dengan cara yang aktivitas dan sumber belajar yang inovatif
1. Mendorong terjadinya
diskusi kelas, pertanyaan siswa, dan demonstrasi siswa
a. Mendengar
komentar, pertanyaan, dan jawaban siswa dengan saksama
b. Pertanyaan
yang diberikan berdasarkan pada kemampuan siswa untuk bisa atau tidak menjawab
dengan benar
c. Memberikan
setiap siswa kesempatan untuk berpartisipasi
2. Menggunakan berbagai
variasi alat peraga dan sumber belajar
a. Mencari
dan menggunakan model, mengkondisikan materi, film, naskah pidato, LKS, rekaman
dan lain-lain
b. Perangkat
dan sumber belajar sesuai dengan pembelajaran
c. Terdapat
kesinambungan antara perangkat dan materi pembelajaran
D. Menunjukkan pengetahuan
dan antusiasme pada mata pelajaran yang diajarkan
1. Menunjukkan pengetahuan
dari materi yang diajarkan
a. Menunjukkan
pengetahuan dari isi buku
b. Mendemonstrasikan
kompetensi dengan materi pembelajaran
c. Memiliki
pengetahuan yang luas dari disiplin keilmuannya dan menggunakannya secara tepat
d. Siap
menjawab pertanyaan siswa sepenuhnya
e. Menyelidiki
pengetahuan dari isi atau materi yang disajikan (mendorong pertanyaan dan
aktivitas yang didesain untuk merangsang pemikiran kritis)
f. Pengetahuannya
melampaui buku untuk meningkatkan konten pembelajaran
2. Antusiasme
a. Siswa
merespons guru secara positif
b. Senang
dan antusias akan presentasi guru
c. Merespons
positif pada siswa baik secara verbal maupun visual
d. Memperoleh
respons antusias dari pertanyaan dan jawaban siswa
e. Menggunakan
teknik yang menimbulkan antusiasme siswa
E. Menjaga kelas untuk tetap
kondusif dan baik untuk belajar
1. Menjaga lingkungan untuk
tetap sehat dan fleksibel
a. Menjaga
suara siswa untuk tetap merasa bebas untuk berkata dan merespons pertanyaan
b. Atmosfer
kelas terkontrol tetapi tidak didominasi oleh siswa
c. Hubungan
interpersonal yang positif yang mudah diamati
d. Perbedaan
pandangan dan nilai-nilai yang diizinkan untuk dibahas
e. Menggunakan
humor dalam perspektif yang benar
f. Ruangan
merefleksikan pekerjaan siswa
2. Peduli terhadap alat
peraga pembelajaran
a. Alat
yang digunakan diawasi dengan hati-hati
b. Alat
dan bahan yang tidak sedang dipakai disimpan dengan benar
c. Alat
yang dalam perbaikan dilaporkan pada pihak yang berwenang untuk diperbaiki
d. Tidak
ada tulisan dan grafiti pada bangku
e. Mengajak
peduli pada alat dan bahan pembelajaran
F. Menjaga catatan pekerjaan
tetap sesuai dan akurat
1. Mencatat secara cukup
data kualitatif dan kuantitatif berdasarkan laporan perkembangan siswa
a. Mencatat
hasil tugas tertulis, ulangan, tugas harian, dan ujian kenaikan dalam buku
nilai
b. Kualitas
data menunjukkan hubungan antara nilai dan objektivitas
c. Kedatangan
harian dicatat secara benar
G. Memiliki relasi yang baik
terhadap siswa
1. Tahu dan bekerja dengan
siswa secara individu
a. Kemampuan
dan kelemahan dari setiap siswa teridentifikasi
b. Mengetahui
dan memanggil siswa dengan namanya
c. Mendengar
siswanya dengan cara yang baik dan sopan
d. Mendorong
ide siswa dan berkonsentrasi untuk merespons mereka
e. Siswa
tidak ragu untuk melakukan klarifikasi
f. Siswa
aktif dan menjadi bagian dari pembelajaran kelas
g. Terdorong
untuk memberikan respons yang kreatif
2. Mendorong hubungan yang
bermutu, peduli, dan bersahabat
a. Mendorong
kelakuan yang baik dengan menjaga kontrol diri
b. Kata
dan aktivitasnya positif
c. Menunjukkan
kualitas hubungan yang baik terhadap siswa
d. Peduli
akan respons siswa
e. Memberikan
contoh tindakan bertanggung jawab
f. Tanggap
akan mood siswa
g. Tingkah
lakunya konsisten dengan semua siswa dan segala kondisi
h. Menangani
pusat kegaduhan pada sebuah kondisi atau tingkah laku, bukan pada siswa
i. Menyediakan
perhatian pada siswa dan memberikan perhatian balik
3. Menggunakan bahasa yang
positif dengan siswa tanpa menyindir atau melukai hati siswa
a. Memberikan
pujian dan memunculkan tanggapan dari siswa
b. Nada
sinis tidak digunakan
c. Aktivitas,
nada suara, dan geraknya positif
d. Nada
suaranya teratur
H. memulai dan memelihara
kelas, manajemen sekolah, dan kedisiplinan
1. Aturan perilaku murid
telah dikembangkan dan guru taat aturan ini
a. Insiden
di kelas dapat ditangani sehingga tidak mengganggu kelas lain
b. Siswa
sadar akan aturan dan tata tertib yang berlaku
c. Siswa
memahami dan mengikuti ruangan secara rutin tanpa arahan dari guru
d. Mendemonstrasikan
tingkah laku yang berorientasi prestasi atau bisnis
e. Konsisten
dan adil dalam memberikan harapan dan berperilaku
f. Siswa
memasuki ruangan dan mengambil tempat duduk dengan tenang
g. siswa
meminta dan menerima izin untuk mengubah pola
2. Aturan keamanan telah
dikembangkan dan guru taat aturan ini
a. tingkah
laku di kelas menunjukkan situasi yang aman
b. prosedur
keamanan yang benar telah dipasang dan patuhi
c. Permainan
dengan kekerasan tidak diperbolehkan
d. Bermain
sebuah aktivitas yang positif pada tempat yang diawasi, ruang istirahat, ruang
makan, dan kelas
e. Kelas
bebas dari senjata/bahaya
Sumber:
Aika, Aruna. 2017. Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Gresik: AikaBuku
0 komentar