Indikator Kinerja Guru dalam Mengajar di Jerman

Assalamualaikum!
Berikut kami tampilkan bagaimana contoh instrumen penilaian kinerja guru dari Linbergh School. semoga bermanfaat.

A. Merencanakan dan mengorganisasikan dengan hati-hati

Pembelajaran terencana
a.    Rencana tertulis tersedia dan diikuti oleh guru kelas
b.    RPP tersedia gambaran, tujuan, dan ulasan
c.    RPP tersedia alokasi waktu yang sesuai
d.    Urutan pembelajaran dalam RPP logis
e.    RPP memenuhi pembelajaran berkelompok
f.      Tujuan jangka pendek dan panjang didefinisikan
g.    RPP menunjukkan guru telah menggunakan konsep diagnosis untuk mendeteksi siswa
h.    RPP fleksibel dan bisa diterapkan secara spontan dalam mengajar
i.      Tersedia rencana dan prosedur
j.      Materi dan bahan telah ada dan siap digunakan
Menyusun tujuan pembelajaran dengan melibatkan partisipasi siswa
a.    Tujuan jangka pendek dan panjang didefinisikan
b.    Siswa dilibatkan dalam tujuan pembelajaran
Pembuatan tugas spesifik
a.    Tugas masuk akal dan diberikan petunjuk tertulis
b.    Diberikan waktu memadai untuk klarifikasi dan diskusi tugas
Sudah terbiasa dengan panduan yang tepat dan menyesuaikan dengan rekomendasi dalamnya
a.    RPP mencerminkan pengetahuan menyeluruh dari petunjuk kurikulum
b.    Rencana jangka panjang untuk memenuhi tujuan kurikulum tersedia
Menyediakan instruksi pembelajaran pada individu maupun kelompok
a.    RPP tersedia pembelajaran individu
b.    RPP tersedia pembelajaran berkelompok
c.    Jenis pembelajaran sesuai dengan materi

B. Terampil dalam bertanya dan menjelaskan

1. Mengajukan pertanyaan yang menyebabkan siswa berpikir
a.    Memberikan pertanyaan yang memberikan jawaban lebih dari satu kata
b.    Pertanyaan mendorong pemikiran kritis dan luas
c.    Pertanyaan merangsang siswa untuk berpikir
d.    Pertanyaan mendorong respons dari siswa
2. Memberikan penjelasan secara jelas pada pokok bahasan
a.    Memperoleh respons yang menunjukkan pemahaman siswa sebelum menjelaskan lebih lanjut
b.    Menyampaikan ide dengan logis
c.    Menggunakan tata bahasa dan kosakata yang sesuai pada siswa
d.    Menyajikan informasi yang lengkap dan akurat
3. Menghadapkan siswa pada berbagai sudut pandang
a.    Menetapkan latar belakang informasi umum tentang topik sebelum menyajikan berbagai sudut pandang
b.    Menyajikan sudut pandang yang bervariasi konsisten dengan kurikulum
c.    Mengembangkan sudut pandang siswa
4. Menghargai ide siswa secara verbal maupun non verbal
a.    Tidak menolak ide siswa melalui ekspresi verbal atau fisik
b.    Tidak membiarkan penolakan
c.    Sebelumnya memproses pertanyaan dan jawaban siswa, guru memuji, memunculkan, dan menanggapinya

C. Memberikan dorongan belajar dengan cara yang aktivitas dan sumber belajar yang inovatif

1. Mendorong terjadinya diskusi kelas, pertanyaan siswa, dan demonstrasi siswa
a.    Mendengar komentar, pertanyaan, dan jawaban siswa dengan saksama
b.    Pertanyaan yang diberikan berdasarkan pada kemampuan siswa untuk bisa atau tidak menjawab dengan benar
c.    Memberikan setiap siswa kesempatan untuk berpartisipasi
2. Menggunakan berbagai variasi alat peraga dan sumber belajar
a.    Mencari dan menggunakan model, mengkondisikan materi, film, naskah pidato, LKS, rekaman dan lain-lain
b.    Perangkat dan sumber belajar sesuai dengan pembelajaran
c.    Terdapat kesinambungan antara perangkat dan materi pembelajaran

D. Menunjukkan pengetahuan dan antusiasme pada mata pelajaran yang diajarkan

1. Menunjukkan pengetahuan dari materi yang diajarkan
a.    Menunjukkan pengetahuan dari isi buku
b.    Mendemonstrasikan kompetensi dengan materi pembelajaran
c.    Memiliki pengetahuan yang luas dari disiplin keilmuannya dan menggunakannya secara tepat
d.    Siap menjawab pertanyaan siswa sepenuhnya
e.    Menyelidiki pengetahuan dari isi atau materi yang disajikan (mendorong pertanyaan dan aktivitas yang didesain untuk merangsang pemikiran kritis)
f.      Pengetahuannya melampaui buku untuk meningkatkan konten pembelajaran
2. Antusiasme
a.    Siswa merespons guru secara positif
b.    Senang dan antusias akan presentasi guru
c.    Merespons positif pada siswa baik secara verbal maupun visual
d.    Memperoleh respons antusias dari pertanyaan dan jawaban siswa
e.    Menggunakan teknik yang menimbulkan antusiasme siswa

E. Menjaga kelas untuk tetap kondusif dan baik untuk belajar

1. Menjaga lingkungan untuk tetap sehat dan fleksibel
a.    Menjaga suara siswa untuk tetap merasa bebas untuk berkata dan merespons pertanyaan
b.    Atmosfer kelas terkontrol tetapi tidak didominasi oleh siswa
c.    Hubungan interpersonal yang positif yang mudah diamati
d.    Perbedaan pandangan dan nilai-nilai yang diizinkan untuk dibahas
e.    Menggunakan humor dalam perspektif yang benar
f.      Ruangan merefleksikan pekerjaan siswa
2. Peduli terhadap alat peraga pembelajaran
a.    Alat yang digunakan diawasi dengan hati-hati
b.    Alat dan bahan yang tidak sedang dipakai disimpan dengan benar
c.    Alat yang dalam perbaikan dilaporkan pada pihak yang berwenang untuk diperbaiki
d.    Tidak ada tulisan dan grafiti pada bangku
e.    Mengajak peduli pada alat dan bahan pembelajaran

F. Menjaga catatan pekerjaan tetap sesuai dan akurat

1. Mencatat secara cukup data kualitatif dan kuantitatif berdasarkan laporan perkembangan siswa
a.    Mencatat hasil tugas tertulis, ulangan, tugas harian, dan ujian kenaikan dalam buku nilai
b.    Kualitas data menunjukkan hubungan antara nilai dan objektivitas
c.    Kedatangan harian dicatat secara benar

G. Memiliki relasi yang baik terhadap siswa

1. Tahu dan bekerja dengan siswa secara individu
a.    Kemampuan dan kelemahan dari setiap siswa teridentifikasi
b.    Mengetahui dan memanggil siswa dengan namanya
c.    Mendengar siswanya dengan cara yang baik dan sopan
d.    Mendorong ide siswa dan berkonsentrasi untuk merespons mereka
e.    Siswa tidak ragu untuk melakukan klarifikasi
f.      Siswa aktif dan menjadi bagian dari pembelajaran kelas
g.    Terdorong untuk memberikan respons yang kreatif
2. Mendorong hubungan yang bermutu, peduli, dan bersahabat
a.    Mendorong kelakuan yang baik dengan menjaga kontrol diri
b.    Kata dan aktivitasnya positif
c.    Menunjukkan kualitas hubungan yang baik terhadap siswa
d.    Peduli akan respons siswa
e.    Memberikan contoh tindakan bertanggung jawab
f.      Tanggap akan mood siswa
g.    Tingkah lakunya konsisten dengan semua siswa dan segala kondisi
h.    Menangani pusat kegaduhan pada sebuah kondisi atau tingkah laku, bukan pada siswa
i.      Menyediakan perhatian pada siswa dan memberikan perhatian balik
3. Menggunakan bahasa yang positif dengan siswa tanpa menyindir atau melukai hati siswa
a.    Memberikan pujian dan memunculkan tanggapan dari siswa
b.    Nada sinis tidak digunakan
c.    Aktivitas, nada suara, dan geraknya positif
d.    Nada suaranya teratur

H. memulai dan memelihara kelas, manajemen sekolah, dan kedisiplinan

1. Aturan perilaku murid telah dikembangkan dan guru taat aturan ini
a.    Insiden di kelas dapat ditangani sehingga tidak mengganggu kelas lain
b.    Siswa sadar akan aturan dan tata tertib yang berlaku
c.    Siswa memahami dan mengikuti ruangan secara rutin tanpa arahan dari guru
d.    Mendemonstrasikan tingkah laku yang berorientasi prestasi atau bisnis
e.    Konsisten dan adil dalam memberikan harapan dan berperilaku
f.      Siswa memasuki ruangan dan mengambil tempat duduk dengan tenang
g.    siswa meminta dan menerima izin untuk mengubah pola
2. Aturan keamanan telah dikembangkan dan guru taat aturan ini
a.    tingkah laku di kelas menunjukkan situasi yang aman
b.    prosedur keamanan yang benar telah dipasang dan patuhi
c.    Permainan dengan kekerasan tidak diperbolehkan
d.    Bermain sebuah aktivitas yang positif pada tempat yang diawasi, ruang istirahat, ruang makan, dan kelas

e.    Kelas bebas dari senjata/bahaya

Sumber:
Aika, Aruna. 2017. Penilaian dan Evaluasi PendidikanGresik: AikaBuku

0 komentar