Desain Instruksional Fenrich untuk Pengembangan E-Book Fisika

Desain instruksional Fenrich ini mempunyai enam tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perencanaan (planning), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap penerapan (implementation), serta tahap evaluasi dan revisi (evaluation and revise) yang dapat dilihat pada gambar berikut.
 
Gambar 3. 1 Rancangan Desain Instruksional Model Pengembangan Multimedia
(Fenrich, 1997:56)
Dari desain instruksional tersebut, langkah-langkah yang diambil adalah sebagai berikut.



Gambar 3. 2 Tahapan Kegiatan Pengembangan
(dimodifikasi dari Suprastowo dkk, 2007:26)

1.      Pendahuluan
Tahap awal atau persiapan untuk pengembangan media dimulai pada tahap ini. Tahap ini terdiri atas dua langkah yaitu pertama studi kepustakaan, dan kedua survei lapangan. Studi kepustakaan merupakan kajian untuk mempelajari konsep-konsep atau teori-teori yang berkenaan dengan produk yang akan dikembangkan. Tahap survei lapangan bertujuan untuk mengumpulkan data dari lapangan lebih lanjut. Masalah akan muncul kembali pada dan akan disusun secara sistematis sehingga draf awal yang telah disusun akan sesuai dengan fenomena di lapangan. Dan hasilnya akan digunakan kembali pada analisis selanjutnya
2.      Analisis (Analysis)
Tahap ini bertujuan untuk menetapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran. Tahap ini dilakukan dengan melakukan analisis tujuan dalam batasan-batasan materi yang diambil. Langkah-langkah tahap ini yaitu analisis pendahuluan, analisis siswa, analisis konsep, dan perumusan indikator pembelajaran.
3.      Perencanaan (Planning)
Tahap perencanaan ini bertujuan untuk memastikan kemajuan yang signifikan dari rancangan yang telah dibuat. Komponen utama pada tahap ini adalah mengidentifikasi dan menentukan masalah yang mungkin muncul. Komponen lain adalah mempersiapkan perangkat kerja dan waktu.
a)      Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah diperlukan untuk mempersiapkan solusi dari segala kemungkinan munculnya kendala atau masalah dalam tahapan selanjutnya perancangan (design) dan pengembangan (development).
b)      Perangkat Kerja
Dalam pembuatan media diperlukan perangkat yang akan digunakan sebagai supporting unit. Perangkat kerja tersebut diantaranya,
1)      Buku Ajar SMA kelas X
2)      Program pendukung sebagai perangkat utama dalam mengembangkan e-Book.
c)      Waktu
Dalam Pembuatan media, perlu dibuat perencanaan kegiatan dari tahap analisis sampai media yang dibuat siap dan layak untuk diterapkan.
d)      Evaluasi dan Revisi
Tahap ini dilakukan untuk mengevaluasi kembali tahapan perencanan yang telah dilakukan dari awal sampai akhir, terlebih lagi semua hal yang dikaitkan dengan identifikasi masalah yang mungkin muncul. Hal ini dilakukan agar tidak ada masalah-masalah yang belum terdifinisikan. Jika dalam tahap ini dirasa ada beberapa masalah yang perlu penyelesaian, maka diperlukan sebuah revisi sebelum benar-benar melangkah pada tahap perancangan.
4.      Perancangan (Design)
Tahap ini bertujuan untuk merancang media e-Book interaktif pada materi pokok kalor. Pada tahap ini dilakukan penyusunan materi dan soal serta desain awal e-Book interaktif. Penyusunan materi dan soal didasarkan pada tujuan pembelajaran yang telah disusun pada tahap pendefinisian. Pada penyusunan desain awal media e-Book interaktif dibuat template, layout materi, dan animasi yang berikutnya diolah menjadi media interaktif.
5.      Pengembangan (Development)
Tujuan tahap ini ialah menghasilkan e-Book interaktif bilingual yang telah direvisi agar lebih baik melalui revisi berdasarkan masukan dari para ahli. Tahap yang dilakukan meliputi:
a)      Telaah
Telaah dilakukan oleh satu orang dosen fisika ahli materi, satu orang dosen fisika ahli bahasa, dan satu orang dosen ahli media. Tujuan telaah ini adalah untuk memperbaiki media interaktif yang telah dibuat.
b)      Revisi
Hasil telaah dari para dosen dianalisis dan digunakan untuk merevisi draf I sehingga menghasilkan draf II.
c)      Validasi e-Book interaktif bilingual
E-Book interaktif bilingual yang telah direvisi dan menghasilkan draf II, kemudian divalidasi oleh 3 orang dosen fisika dan 3 orang guru fisika.
d)      Uji Respons Siswa

0 komentar