Penulis: Florence Kanorio Kisirkoi &
Godfrey Mse
Maasai Mara
University, P.O Box 1246-20500, Narok, Kenya
Kenyatta
University, P.O Box 43844-00100, Nairobi, Kenya
Penerbit: Journal of Curriculum and Teaching
Tahun: 2016
Ø
Penelitian pada jurnal ini bertujuan untuk
mencari tahu sejauh mana guru menggunakan pendekatan belajar mengajar berpusat
pada peserta didik dalam mengajar di kelas.
Ø
Pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang
digunakan di kelas oleh sebagian besar guru di Kenya adalah teacher centered dan mendorong belajar
hafalan sehingga kurang dalam keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
Ø
Interaksi guru pelajar sangat rendah, bahkan
ketika guru mengajukan pertanyaan, siswa hampir tidak terlibat
Ø
Dianjurkan bahwa harus diberikan kegiatan
pengembangan guru oleh pengembang profesional sekolah khusus menangani pedagogi
untuk meningkatkan implementasi kurikulum dan hasil belajar.
Ø
Guru harus disiapkan untuk tren masa depan di
mana belajar mengajar akan dipengaruhi oleh pandangan konstruktivis;
Ø
Fokus pengembangan pada kompetensi adalah pada
inovasi dan teknologi dalam strategi belajar mengajar.
Ø
Guru perlu dilatih dan didukung untuk memahami
keuntungan pembelajaran berpusat pada siswa dan hasil belajar akibat pendekatan
tersebut
Ø
Mereka juga perlu dilatih dalam pengembangan,
akses dan penggunaan sumber daya belajar mengajar.
Ø
Para guru juga perlu didukung dalam
pelaksanaan keterampilan dalam pembelajaran kelas. Harus ada program
pengembangan profesional guru berkelanjutan.
0 komentar