Berikut kami tampilkan bagaimana contoh instrumen penilaian kinerja guru dari Linbergh School. semoga bermanfaat.
Guru :
Sekolah :
Tahun :
Mata Pelajaran:
Tahun Ajaran :
Status :
Filosofi: Evaluasi artinya meningkatkan kualitas
pembelajaran
Tujuan
1.
Meningkatkan
kualitas mengajar dan pelayanan pada siswa
2.
Memungkinkan
guru untuk mengakui perannya secara penuh pada program sekolah
3.
Mendukung
guru mencapai tujuan kurikulum
4.
Membantu
guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya sebagai petunjuk pribadi untuk
meningkatkan kualitasnya
5.
Menyediakan
bantuan untuk membantu guru mengetahui kelemahannya
6.
Mengetahui
kemampuan khusus guru dan untuk mendorong dan memberikan fasilitas kepadanya untuk
dimanfaatkan
7.
Menyediakan
petunjuk untuk memperbaharui kinerja, tempat kerja, promosi, tugas, dan
pemberhentian untuk pengajar tetap
8.
Melindungi
guru dari profesi mengajarnya dari sifat tidak etis dan tidak kompeten.
Penerapan
Evaluasi ini dibuat
berdasarkan kepala sekolah, kepala yayasan, staff, dan wali kelas.
Jika guru tidak
menyetujui evaluasi ini, dia dapat memohon evaluasi tambahan untuk dibuat dari
admin lain yang dia pilih
Evaluasi dari guru
tidak tetap akan dibuat tahunan selama masa percobaan dengan satu dari evaluasi
selesai selama semester pertama dan semester kedua sebelum 1 April. Setiap
evaluasi harus didahului setidaknya satu kali kunjungan kelas
Evaluasi untuk guru
tetap akan dilakukan setiap tahun sebelum 1 April. Setiap evaluasi harus didahului
setidaknya satu kali kunjungan kelas
Definisi
Superior: Luar
biasa konsisten
Strong: Melebihi
standar dari distrik Lindbergh School
Average: Berada di
standar dari distrik Lindbergh School
Improvement needed:
secara rata-rata tidak berada pada standar distrik Lindbergh School
Unsatisfactory:
Tidak berada pada standar distrik Lindbergh School
Catatan: Di akhir
ada Komentar kepala sekolah boleh dimanfaatkan untuk mencatat pengamatan dari
kinerja guru dan rekomendasi untuk perbaikan
Pada bagian komentar
guru dapat dimanfaatkan sebagai catatan guru untuk harapannya
|
|
|
|
|
Superior
|
Strong
|
Average
|
Improvement Needed
|
Unsatisfactory
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
I.
TEACHING PERFORMANCE
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
A.
Merencanakan dan mengorganisasi secara hati-hati
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Pembelajaran terencana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menyusun tujuan
pembelajaran dengan melibatkan partisipasi siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pembuatan tugas
spesifik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Sudah terbiasa dengan
panduan yang tepat dan menyesuaikan dengan rekomendasi dalamnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menyediakan instruksi pembelajaran
pada individu maupun kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Terampil dalam bertanya dan menjelaskan
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Mengajukan pertanyaan
yang menyebabkan siswa berpikir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan penjelasan
secara jelas pada pokok bahasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menghadapkan siswa
pada berbagai sudut pandang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai ide siswa
secara verbal maupun non verbal
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Memberikan dorongan belajar dengan cara yang aktivitas dan sumber belajar
yang inovatif
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Mendorong terjadinya
diskusi kelas, pertanyaan siswa, dan demonstrasi siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan berbagai
variasi alat peraga dan sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
Menunjukkan pengetahuan dan antusiasme pada mata pelajaran yang diajarkan
|
|
|
|
|
|
||
|
|
E.
Menjaga kelas untuk tetap kondusif dan baik untuk belajar
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Menjaga lingkungan
untuk tetap sehat dan fleksibel
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Peduli terhadap alat
peraga pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
F. Menjaga catatan
pekerjaan tetap sesuai dan akurat
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Mencatat secara cukup
data kualitatif dan kuantitatif berdasarkan laporan perkembangan siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
G. Memiliki relasi
yang baik terhadap siswa
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Tahu dan bekerja
dengan siswa secara individu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mendorong hubungan
yang bermutu, peduli, dan bersahabat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa
yang positif dengan siswa tanpa menyindir atau melukai hati siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
H. memulai dan
memelihara kelas, manajemen sekolah, dan kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Aturan perilaku murid
telah dikembangkan dan guru taat aturan ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aturan keamanan telah
dikembangkan dan guru taat aturan ini
|
|
|
|
|
|
|
II. PROFESSIONAL
QUALITIES
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
A. Pengakuan dan penerimaan dari tanggung
jawab kelas
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Berpartisipasi dalam
kegiatan sekolah yang bersifat umum dan penting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kadang-kadang ikut
menjadi relawan dalam kesibukan teman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Melayani komite
sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Hubungan dengan
rekan di dalam sekolah
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Bekerja sama secara
efektif dan menyenangkan dengan rekan, admin, dan rekan yang non profesional
|
|
|
|
|
|
|
|
C. Relasi dengan umum
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Bekerja sama secara
efektif dan menyenangkan dengan orang tua
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Melakukan hubungan
baik antara sekolah dan komunitas
|
|
|
|
|
|
|
|
D. Pertumbuhan
profesional dan visi
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Menghargai kritik yang
membangun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Berpartisipasi dalam
konferensi, workshop, dan belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mencoba metode dan
peralatan baru
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Memanfaatkan
pelayanan staff
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Menggunakan secara
tepat dari layanan khusus yang tersedia
|
|
|
|
|
|
|
|
F. Memahami pola
pertumbuhan dari dan tingkah laku dari siswa pada berbagai tahap perkembangan
dan berupaya memuaskan dengan situasi saat terjadi
|
|
|
|
|
|
||
|
|
E. Etika tingkah laku
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
1
|
Melindungi data
rahasia
|
|
|
|
|
|
DEFINISI UNTUK KUALITAS
PERSONAL
S – Satisfactory:
berada pada atau di atas standar guru Lindbergh School District
I – Improvement
needed: berada di bawah standar guru Lindbergh School District
III KUALITAS PERSONAL
|
|
|
|
S
|
I
|
|
A. Kesehatan dan Semangat
|
|
|
||
|
|
1
|
Memiliki
catatan kedatangan yang baik
|
|
|
|
|
2
|
Riang
|
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan
jiwa humor
|
|
|
|
B. Cara bicara
|
|
|
||
|
|
1
|
Pandai/terampil
bicara
|
|
|
|
|
2
|
Dapat
didengar dan dipahami semua siswa di kelas
|
|
|
|
|
3
|
Berbicara
sesuai tingkat pemahaman siswa
|
|
|
|
C. Penampilan dan kesesuaian seragam
|
|
|
||
|
|
1
|
Melakukan
kebiasaan berpenampilan yang baik
|
|
|
|
D. ketepatan dalam memenuhi kewajiban
|
|
|
||
|
|
1
|
Datang
ke kelas tepat waktu
|
|
|
|
|
2
|
Melakukan
tugas yang diberikan dengan benar
|
|
|
|
|
3
|
Menyelesaikan
laporan tepat waktu
|
|
|
Duplikat dari
evaluasi tertulis akan disetujui guru pada saat konferensi atau pertemuan
berdasarkan pengamatan. Laporan akhir evaluasi ditandatangani dan disimpan oleh
kepala sekolah, dan duplikatnya disimpan guru. Jika guru merasa evaluasinya
tidak sempurna, akurat atau tidak adil, dia mungkin menempatkan keberatan
secara tertulis dan telah mereka melekat pada laporan evaluasi untuk
ditempatkan dalam file pribadinya.
Tanggal pengamatan :
Waktu pengamatan :
Lama pengamatan :
Data evaluasi
dibuat :
Tanda tangan kepala
sekolah :
Tanda tangan guru :
Komentar kepala
sekolah :
Komentar guru :
0 komentar