Penilaian Kinerja Guru di Sekolah Jerman

Assalamualaikum!
Berikut kami tampilkan bagaimana contoh instrumen penilaian kinerja guru dari Linbergh School. semoga bermanfaat.

Guru                :
Sekolah          :
Tahun              :
Mata Pelajaran:
Tahun Ajaran :
Status             :
Filosofi: Evaluasi artinya meningkatkan kualitas pembelajaran

Tujuan

1.    Meningkatkan kualitas mengajar dan pelayanan pada siswa
2.    Memungkinkan guru untuk mengakui perannya secara penuh pada program sekolah
3.    Mendukung guru mencapai tujuan kurikulum
4.    Membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya sebagai petunjuk pribadi untuk meningkatkan kualitasnya
5.    Menyediakan bantuan untuk membantu guru mengetahui kelemahannya
6.    Mengetahui kemampuan khusus guru dan untuk mendorong dan memberikan fasilitas kepadanya untuk dimanfaatkan
7.    Menyediakan petunjuk untuk memperbaharui kinerja, tempat kerja, promosi, tugas, dan pemberhentian untuk pengajar tetap
8.    Melindungi guru dari profesi mengajarnya dari sifat tidak etis dan tidak kompeten.

Penerapan

Evaluasi ini dibuat berdasarkan kepala sekolah, kepala yayasan, staff, dan wali kelas.
Jika guru tidak menyetujui evaluasi ini, dia dapat memohon evaluasi tambahan untuk dibuat dari admin lain yang dia pilih
Evaluasi dari guru tidak tetap akan dibuat tahunan selama masa percobaan dengan satu dari evaluasi selesai selama semester pertama dan semester kedua sebelum 1 April. Setiap evaluasi harus didahului setidaknya satu kali kunjungan kelas
Evaluasi untuk guru tetap akan dilakukan setiap tahun sebelum 1 April. Setiap evaluasi harus didahului setidaknya satu kali kunjungan kelas

Definisi

Superior: Luar biasa konsisten
Strong: Melebihi standar dari distrik Lindbergh School
Average: Berada di standar dari distrik Lindbergh School
Improvement needed: secara rata-rata tidak berada pada standar distrik Lindbergh School
Unsatisfactory: Tidak berada pada standar distrik Lindbergh School
Catatan: Di akhir ada Komentar kepala sekolah boleh dimanfaatkan untuk mencatat pengamatan dari kinerja guru dan rekomendasi untuk perbaikan
Pada bagian komentar guru dapat dimanfaatkan sebagai catatan guru untuk harapannya





Superior
Strong
Average
Improvement Needed
Unsatisfactory




1
2
3
4
5
I. TEACHING PERFORMANCE






A. Merencanakan dan mengorganisasi secara hati-hati







1
Pembelajaran terencana







2
Menyusun tujuan pembelajaran dengan melibatkan partisipasi siswa







3
Pembuatan tugas spesifik







4
Sudah terbiasa dengan panduan yang tepat dan menyesuaikan dengan rekomendasi dalamnya







5
Menyediakan instruksi pembelajaran pada individu maupun kelompok






B. Terampil dalam bertanya dan menjelaskan







1
Mengajukan pertanyaan yang menyebabkan siswa berpikir







2
Memberikan penjelasan secara jelas pada pokok bahasan







3
Menghadapkan siswa pada berbagai sudut pandang







4
Menghargai ide siswa secara verbal maupun non verbal






C. Memberikan dorongan belajar dengan cara yang aktivitas dan sumber belajar yang inovatif







1
Mendorong terjadinya diskusi kelas, pertanyaan siswa, dan demonstrasi siswa







2
Menggunakan berbagai variasi alat peraga dan sumber belajar






D. Menunjukkan pengetahuan dan antusiasme pada mata pelajaran yang diajarkan






E. Menjaga kelas untuk tetap kondusif dan baik untuk belajar







1
Menjaga lingkungan untuk tetap sehat dan fleksibel







2
Peduli terhadap alat peraga pembelajaran






F. Menjaga catatan pekerjaan tetap sesuai dan akurat







1
Mencatat secara cukup data kualitatif dan kuantitatif berdasarkan laporan perkembangan siswa






G. Memiliki relasi yang baik terhadap siswa







1
Tahu dan bekerja dengan siswa secara individu







2
Mendorong hubungan yang bermutu, peduli, dan bersahabat







3
Menggunakan bahasa yang positif dengan siswa tanpa menyindir atau melukai hati siswa






H. memulai dan memelihara kelas, manajemen sekolah, dan kedisiplinan







1
Aturan perilaku murid telah dikembangkan dan guru taat aturan ini







2
Aturan keamanan telah dikembangkan dan guru taat aturan ini





II. PROFESSIONAL QUALITIES






A.  Pengakuan dan penerimaan dari tanggung jawab kelas







1
Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah yang bersifat umum dan penting







2
Kadang-kadang ikut menjadi relawan dalam kesibukan teman







3
Melayani komite sekolah






B. Hubungan dengan rekan di dalam sekolah







1
Bekerja sama secara efektif dan menyenangkan dengan rekan, admin, dan rekan yang non profesional






C. Relasi dengan umum







1
Bekerja sama secara efektif dan menyenangkan dengan orang tua







2
Melakukan hubungan baik antara sekolah dan komunitas






D. Pertumbuhan profesional dan visi







1
Menghargai kritik yang membangun







2
Berpartisipasi dalam konferensi, workshop, dan belajar







3
Mencoba metode dan peralatan baru






E. Memanfaatkan pelayanan staff







1
Menggunakan secara tepat dari layanan khusus yang tersedia






F. Memahami pola pertumbuhan dari dan tingkah laku dari siswa pada berbagai tahap perkembangan dan berupaya memuaskan dengan situasi saat terjadi






E. Etika tingkah laku







1
Melindungi data rahasia






DEFINISI UNTUK KUALITAS PERSONAL

S – Satisfactory: berada pada atau di atas standar guru Lindbergh School District
I – Improvement needed: berada di bawah standar guru Lindbergh School District

III KUALITAS PERSONAL




S
I
A. Kesehatan dan Semangat



1
Memiliki catatan kedatangan yang baik



2
Riang



3
Menunjukkan jiwa humor


B. Cara bicara



1
Pandai/terampil bicara



2
Dapat didengar dan dipahami semua siswa di kelas



3
Berbicara sesuai tingkat pemahaman siswa


C. Penampilan dan kesesuaian seragam



1
Melakukan kebiasaan berpenampilan yang baik


D. ketepatan dalam memenuhi kewajiban



1
Datang ke kelas tepat waktu



2
Melakukan tugas yang diberikan dengan benar



3
Menyelesaikan laporan tepat waktu


Duplikat dari evaluasi tertulis akan disetujui guru pada saat konferensi atau pertemuan berdasarkan pengamatan. Laporan akhir evaluasi ditandatangani dan disimpan oleh kepala sekolah, dan duplikatnya disimpan guru. Jika guru merasa evaluasinya tidak sempurna, akurat atau tidak adil, dia mungkin menempatkan keberatan secara tertulis dan telah mereka melekat pada laporan evaluasi untuk ditempatkan dalam file pribadinya.

Tanggal pengamatan           :
Waktu pengamatan  :
Lama pengamatan   :
Data evaluasi dibuat :
Tanda tangan kepala sekolah         :
Tanda tangan guru    :

Komentar kepala sekolah    :

Komentar guru           :


0 komentar