Ulasan jurnal: Why Is the Chinese Curriculum Difficult for Immigrants’ Children from Southeast Asia?

Penulis:               Chiu-Jung Chen
Penerbit:             Journal of Curriculum and Teaching
Tahun:                  2016

Ø  Pekerjaan yang paling penting dari sekolah dasar adalah untuk mengajarkan anak-anak untuk membaca dan menulis.
Ø  Pentingnya hasil pengajaran membaca dari fakta bahwa membaca sukses adalah kunci keberhasilan pendidikan
Ø  Akses ke pendidikan lebih lanjut, pekerjaan terampil tingkat tinggi, dan kesempatan untuk berpartisipasi dalam jangkauan yang lebih tinggi dari masyarakat tergantung sebagian besar pada keberhasilannya di sekolah
Ø  Kemampuan siswa memiliki korelasi dengan kemampuan membaca. Bagi siswa untuk berhasil dalam membaca
Ø  Siswa Taiwan lokal mampu mengenali dan mengidentifikasi nama dan suara notasi fonetik dalam bahasa Cina sebelum mereka bahkan mulai sekolah formal, dan sebagian besar siswa tahu seluruh set notasi fonetik pada pertengahan kelas pertama
Ø  Siswa tahu tentang setengah dari mereka pada awal TK dan semua dari mereka pada akhir TK. Mereka belajar berbagai keterampilan seperti visual simbol, mengingat nama dan suara dari notasi fonetik, dan mengoordinasikan hubungan visual dan pendengaran.
Ø  Penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa hampir tidak ada imigran Asia Tenggara kelas pertama mampu sepenuhnya membedakan suara notasi fonetis berbeda bahkan pada pertengahan kelas pertama.
Ø  Ada perbedaan jelas antara kemampuan antara imigran dari Asia Tenggara dan penduduk lokal dalam kemajuan dan efektivitas dalam belajar notasi fonetik dalam bahasa Cina, sehingga imigran Asia Tenggara tidak dapat menyerap atau mengenali Bahasa Cina secepat penduduk lokal.
Ø  Salah satu orang tua, menjadi pencari nafkah keluarga, sibuk dengan pekerjaan dan tidak dapat mengajari anak di rumah sehingga kesulitan dalam berbahasa Cina
Ø  Imigran yang menjadi pengantin penduduk lokal, tidak dapat membantu anak dalam bidang bahasa Mandarin.
Ø  Kemampuan berbahasa Cina yang rendah adalah faktor penyebab kesulitan imigran Asia tenggara dalam memahami pendidikan di Cina.

Ø  Solusinya adalah diberikan jam khusus bagi siswa –siswa yang kesulitan dalam berbahasa sehingga kemampuan siswa imigran dari Asia tenggara tidak tertinggal dari penduduk lokal.

0 komentar